Monday, October 11, 2010

Epson Dot Matrix LQ-2190

Jika Anda memasuki sebuah kantor atau bank, barangkali Anda akan mendengar sebuah suara yang mungkin tidak asing lagi, yaitu suara "thiit-thiit" printer dot matrix. Memang, meskipun kantor tersebut memiliki printer lain yang lebih canggih seperti printer laser atau inkjet, keberadaan printer dot matrix masih dibutuhkan khususnya untuk mencetak di atas kertas formulir (biasanya kertas continuous form), entah rangkap 1, 2, atau lebih.

Demikian juga di kantor tempat saya dan teman-teman bekerja, printer dot matrix masih dibutuhkan untuk mencetak form seperti formulir D.II.a, yaitu formulir untuk nota persetujuan kenaikan pangkat PNS. Formulir tersebut terdiri dari 4 lembar dilengkapi dengan kertas karbon di antara masing-masing lembarannya. Formulir tersebut sebenarnya bisa juga diisi menggunakan mesin ketik biasa, namun tentu saja akan membutuhkan waktu lama. Oleh karena itu kami biasanya membuat dokumen mail-merge untuk mencetaknya.


Kertas continuous form didesain mempunyai tepi dengan perforasi (lubang) sebagai tempat untuk roda penarik (disebut tractor), desain ini dimaksudkan agar kertas bisa diposisikan pada baris-baris formulir dengan tepat secara terus-menerus, karena kertas ini sambung-menyambung dari halaman ke halaman.

Sebagai alat pencetaknya, kebanyakan kantor termasuk kantor kami menggunakan printer Epson dot matrix, biasanya seri LQ-2180. Seri ini mampu mencetak kertas ukuran double folio maupun A3 dengan rangkap 5 beserta 1 lembar asli (bukan tindasan karbon).

Baru-baru ini kantor kami melakukan pengadaan 1 unit printer Epson dot matrix ini. Ternyata saat ini telah keluar seri baru yaitu LQ-2190 dengan spesifikasi yang hampir mirip dengan LQ-2180. Alasan kami memilih seri baru ini selain karena teknologinya yang kami pandang lebih baru (tentu saja) adalah karena di pasaran beredar juga printer Epson LQ-2180 dengan harga cuma separuhnya, sekitar 3 jutaan. Terus terang kami menyangsikan keaslian printer tersebut dan tidak ingin beresiko mendapatkan printer yang tidak berkualitas, sehingga akhirnya memilih seri yang terbaru itu.

Secara sepintas lalu, fisik LQ-2190 tidak jauh berbeda dengan LQ-2180, kecuali desain tombol power, antar muka dengan komputer, knob dan baki (tray) kertasnya. Hasil cetakannya pun tidak jauh berbeda mengingat keduanya sama-sama menggunakan head dengan 24 pin. Untuk antar mukanya, LQ-2190 menyediakan 2 pilihan, yaitu port parallel dengan kabel yang besar atau USB seperti kebanyakan printer modern yang lain. Sedangkan untuk ketangguhannya, tunggu saja, kami sedang menggunakannya dan mengujinya :-)

Berikut ini spesifikasi dasar LQ-2190:

Pins 24
Columns 136
Print Speed (cps) 480cps (High Speed Draft 10cpi)
Input Buffer 128KB
Paper Handling Pull tractor unit: Optional
Roll paper holder: Optional
Paper Path Manual Insertion (Front or rear in, top out), Push Tractor (Front or rear in, top out), Pull Tractor (Front or rear or bottom in, top out)
Interfaces Bi-directional parallel interface (IEEE-1284 nibble mode supported), USB 2.0 (Full Speed), Type B I/F level 2 (Option)
MTBF (hrs at 25% duty cycle) 20000 POH (25% Duty)
Dimension & Weight 639 (W) x 402 (D) x 256 (H) mm, 13.0 kg
Control Code/Emulation ESC/P2 and IBM PPDS emulation
Copy Capability Original + 5 copies
Black Ribbon Life (million characters) approx. 8 million characters
Colour Ribbon Life (million characters) NA

Jika kebetulan Anda menggunakan printer ini namun tidak mempunyai drivernya, silakan download image CD-nya atau driver untuk Windows 32bit/64bit ini.

107 comments:

  1. mau tnya donkz, kl pke card PCI to 2 rs232+1 Parallel ad ga c driver ny??
    krna port printernya msh yg dot matrix dan blm usb,.
    Tlong pencerahan nya,.
    Thx...

    ReplyDelete
  2. tanx. infonya sangat berharga bagi kami referensinya.

    ReplyDelete
  3. bagaimana cara menset margin continuous form, krn kalo ngeprint hal. 2 margin terlalu lebar. trim's

    ReplyDelete
  4. pak, setting kertasnya piye? di tempat saya ketika selesai ngeprint, kertasnya keluarnya terlalu banyak. mohon share ilmunya

    ReplyDelete
  5. @asha: seharusnya kalau menggunakan kertas continuous form, kertas akan berhenti di awal lembar selanjutnya sambil menunggu perintah cetak selanjutnya. sehingga untuk memotong kertas tersebut jika tidak menhendaki mencetak lagi, kita tinggal menekan tombol "tear off/bin" pada printer.

    program apa yang digunakan untuk mencetak pak? bisa jadi pilihan kertasnya tidak sesuai ukuran continuous form atau keliru pilihan paper sourcenya. coba ganti setting ukuran kertas pada printer setting waktu mencetak atau gunakan automatic pada paper source-nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pak tombol tear off/bin pada printer lq-2190 kok g'da.. yang ada tear off/card?
      gimana caranya pak?

      Delete
  6. mau tanya kenapa hasil cetak pakai printer LQ-2190 ko lebih kecil dari LQ-2180.kenapa ya...mohon solusinya...

    ReplyDelete
  7. @hilman: coba periksa jenis font pada printer, 10 cpi hurufnya lebih besar dari 12/15 cpi. atau kalau nggak, samakan setting LQ2190 dengan LQ2180 anda, dengan indikasi lampu led yang nyala.

    ReplyDelete
  8. apakah head lq2190 dan lq2180 sama ?
    misal ada printer lq2180 rusak trus kita ganti dengan menggunakan head lq 2190 apakah bisa ?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  9. pak ada berapa jenis max ukuran kertas pada printer dot matrik

    ReplyDelete
  10. di kantor saya menggunakan printer lq2190, masalah yang muncul adalah pada saat ngeprint dengan format .pdf(hanya berupa text)/.php setelah beberapa halaman mencetak hasil print tulisan beruabah tidak sama dengan cetakan semula. apakah lq ini tidak mampu untuk mencetak format .pdf......??,setingan yang saya pakai adalah 10 cpi dan font roman, mohon pencerahan dan bantuannya....
    terima kasih

    ReplyDelete
  11. @anonymous: wah kalau spesifikasi head saya kurang tahu. tapi tebakan saya, bisa jadi sama sih. karena melihat spesifikasi head to head antara kedua printer hampir mirip.

    jadi, kesimpulan ngawur saya kedua printer MUNGKIN menggunakan piranti yg mirip. mungkin ada perbaikan sedikit pada firmware atau sebagian modulnya. sekali lagi, ini analisa saya sendiri yang belum dibuktikan lho hehe...

    @ilkom: kalau setahu saya utk printer jenis ini bisa menerima kertas ukuran double folio ataupun A3. CMIIW

    @sidik: jadi pada printernya anda setting jenis fontnya dan pencetakan memanfaatkan font internal printer? begitukah maksud anda?

    saya kurang tahu apakah printer ini bisa memanfaatkan fungsi ini seperti halnya postscript pada printer laser. namun membaca penjelasan anda ternyata hasil akhir tidak sama dengan hasil awal, perkiraan saya mungkin ada miskomunikasi setelah data pencetakan masuk ke buffer printer.

    yang mungkin bisa anda coba, jika anda memakai adobe reader, aturlah pilihan Advanced pada dialog Print: Font and Resource Policy menjadi Send by Page, sehingga printer tidak kelebihan data pada buffer yg bisa jadi menimbulkan error tersebut. saya sendiri belum pernah mencobanya sih (kebetulan online dari rumah, tidak bisa langsung mencobanya di printer)

    semoga berhasil...

    ReplyDelete
  12. maaf mas mo nanya printer LQ-2190 ga bisa untuk ngeprint?? lampu indikator LOCK nyala pada PAUSE..mohon pencerahannya Mas?? mksh bnyk sblmnya..

    ReplyDelete
  13. mas..mau nanya,saya baru beli printer LQ-2190 menggantikan printer yg lama yang sejenis.Ketika dipakai ke PC yang lama bisa ngeprint,tapi setelah saya ganti PC yg baru tidak bisa dipakai print lagi..
    saya ngeprint melalui software berbasis MS-Dos(FOX Base dll),tapi kalau print test page dari control panel kok bisa ya??
    trimakasih banyak sebelumnya

    ReplyDelete
  14. masalah saya juga pada lock nih?gak isa nagtur font nih...mohon pencerahannya T.T

    ReplyDelete
  15. Mau nanya apakah Epson LQ 2190 bisa untuk print pada IBM main system ??

    ReplyDelete
  16. kalau lampu PAUSE nyala terus, mungkin tutup head/pita yg transparan tidak menutup sempurna.

    @nara: dihubungkan dengan kabel USB ya? Program yg berjalan dengan MSDOS akan mencari printer di LPT1.

    Dalam kasus anda, program tidak menemukan printer yg terhubung melalui LPT1 karena printernya terhubung dengan kabel USB (printer USB menggunakan port USB001 yang hanya dikenali oleh program native Windows).

    Langkah pemecahannya:
    1. Share printer LQ2190 dari control panel, beri nama misalnya LQ2190. Sehingga jika nama komputer anda MyPC, printer tsb bisa diakses melalui alamat \\MyPC\LQ2190
    2. buka command prompt (Start>Run>ketik "cmd", enter). Ketikkan "NET USE LPT1: \\MyPC\LQ2190 /PERSISTENT:YES" (tanpa tanda kutip, tentunya)
    3. perhatikan hasil perintah di atas pada layar command prompt, seharusnya sukses. Jika sukses, senyampang masih membuka command prompt, ketikkan perintah "DIR>PRN". Perintah ini akan menjalankan DIR namun ditampilkan ke printer, bukan ke layar. Langkah ini hanya untuk konfirmasi bahwa perintah print di DOS telah diarahkan pada LPT1 dengan benar.
    4. Silahkan dicoba, semoga berhasil.... :)

    @anonymous 19 oktober: saya belum pernah melihat dan menggunakan IBM Main System, paling banter komputer built up yang pernah saya gunakan cuma HP Pavilion, hehehe.

    Namun jika IBM Main System itu memiliki konektor USB atau parallel, seharusnya printer ini bisa digunakan dengan riang gembira. Selamat mencoba... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kalau untuk dos murni settingan printernya bagaimana??sedangkan dos murni tidak masuk windows terlebih dahulu..

      Delete
    2. wah, untuk ini saya belum tahu mas
      seharusnya ada driver (terminate and stay resident program) yang menangani perintah print di dos ke port USB.
      tapi karena OS DOS sudah tidak populer, barangkali akan sulit mencarinya

      Delete
  17. printer epson memang mantab, harganya terjangkau dan kualitas cetak dan kecepatannya juga bagus. sangat cocok untuk usaha rumahan.

    saya mempunyai blog tentang info harga printer Epson terbaru Dot Matrix, informasi seputar printer epson terbaik dan lainnnya, silahkan berkunjung ya hehe..

    http://hargaprinterepson.blogspot.com

    ReplyDelete
  18. mas kita mau nanya...
    letak pita yang transparan pada head printer epson LQ2190
    letaknya dmn ya mas?
    mks sblnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan pitanya sih yang transparan mas...
      tapi tutup head, yg warna gelap transparan itu lho. yg kalau dibuka waktu ngeprint, printernya jadi berhenti

      Delete
    2. ni ini bener coy, jadi semua pasang dulu baru coba. tq coy

      Delete
  19. mas tanya donk saya buat settingan kertas sendiri di LQ-2190 tapi saat di print menggunakan crystal report kenapa ukurannya mengecil sendiri ya padahal saat di preview ukurannya normal....

    ReplyDelete
  20. mas kita mau tanya kenapa kalau ngeprint dng continuos form yang bwt bayar telkom tdk bisa pas???
    mksh sblmnya

    ReplyDelete
  21. t'Rima kasih petunjuknya mas :D
    sangat berguna :)
    keep update and post yoo :)

    ReplyDelete
  22. gank, numpang tanya nih..! saya punya masalah di printer epson lq2190, pada saat ngeprint itu ko' lampu di paper out dgn lampu pause ko nyala ya !!! mkasih gank >>>

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kertasnya nggak
      kalau paper out nyala berarti kertasnya habis tuh gan, kalau ada berarti ada error dengan printernya

      Delete
    2. kertasnya ada gan, tapi nda mau narik, terus lampu pausenya berkedap - kedip, ada solusinya nda gan, soalnya aq baru bli ni printernya, ehhhh blum brapa lama uda error. solusinya gan yaaa!!!! Trim's

      Delete
    3. kertasnya ada gan, cuma lampu pausenya nyala trus nih,minta solusinya gan, mkasih!!!

      Delete
  23. gank, numpang tanya nih. saya punya masalah di printer epson lq2190. kalau saya mau ngeprint ko lampu di paper out sama lampu pause ko' nyala ya. jadi g bisa ngeprint. mkasi gank >>>

    ReplyDelete
  24. mas mau nanya,saya coba print pake print LQ2190,misalkan untuk ngeprint file format ms excel bisa,kmd saya print lg dengan file ms word itu ga bisa dan harus dimatikan dulu printnya baru bisa itu kenapa ya mas

    ReplyDelete
  25. gan numpang nanya nech,,, sya pake lq 2190,
    tadinya saya pake kabel LPT. tapi error koneksi nya.
    lalu sya ganti pakai USB. Setelah sya sdah membeli LPT baru & sya pasang. tetap saja tidak mau konek,, saya sudah instal driver LPT maupun USB.
    tidak ada maslah jika pakai Usb, tetapi klo sya pakai LPT printer error, jika ngeprint tercetak huruf hruf aneh dan angka yg ga jelas & bunyi titit ittiitit,,
    di bantu ya gan.

    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi port LPT di PC atau di printer rusak gan, atau bisa juga kabelnya. dicoba pake kabel lain di PC lain dulu, kalau tetap nggak bisa ya berarti printernya error port LPTnya

      Delete
  26. LQ-2190 saya klo dipakai buat print tabel yg ada garis lurusnya, kok hasil printnya belok2 yaa...
    mohon solusinya..

    ReplyDelete
  27. mas mau nanya? caranya biar tulisannya lbih tebal gmana ya, mslahnya d tempat ku yg lembar ke 2 n 3 kurang jelas tulisannya, terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa diset kok jarak antara printhead dengan kertas, yang menentukan keras/tidaknya ketukan pada kertas. buka cover printhead, lalu cari tuas dengan knob warna biru di sebelah kanan. semakin kecil angkanya, semakin dekat printhead dengan kertas yang notabene semakin keras ketukannya dan jelas/tebal hasilnya

      Delete
  28. gan mohon pencerahan, ane baru pake lq 2190, tapi ada kendala
    di propertis ketika pilih mode traktor ternyata ada tanda seru, kita pilih tu karena yang dibutuhin continos paper, dan hasil print outnya ketika di set lenscape tulisan langsung di tengah ga di awal kertas. mohon solsinya

    ReplyDelete
  29. lampu PAUSE nyala terus, tidak bisa ngeprint mohon solusinya

    ReplyDelete
  30. mas, klau mau melepas/mengganti headprinter gmn .............

    ReplyDelete
  31. klau mau melepas/mengganti pita/headprint ya gmn ya mas....kok susah

    ReplyDelete
    Replies
    1. prosedur mengganti pita ada kok di manual booknya

      Delete
  32. mas saya punya epson LQ 2190
    pas saya nyalian bunyi beep sebanya 5 kali dan lampu inkator kedip2 itu kenapa ya penyebabnya
    mohon bantuannya ya mas

    ReplyDelete
  33. Mas, mohon bantuannya.
    Di kantor saya memakai Epson LQ2190.
    Seminggu ini bermasalah ketika ngeprint tabel2 di halaman kedua dst huruf2 di dalam tabel seperti kode2 gitu.
    Kalau halaman pertama normal.
    Untuk ngeprint ketikan biasa juga normal.

    Kira2 salah dimananya ya mas?
    terimakasih sebelumnya.

    salam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau muncul karakter2 aneh gitu biasanya dokumennya yang bermasalah.. biasanya lho ya, dari pengalaman saya. kalo saya, saya kopi isi dokumen tersebut, lalu di paste di dokumen baru...

      kalau masih saja error, hapus dan reinstall aja driver printernya. semoga membantu

      Delete
  34. mas mohon informasinya
    saya buka pembayaran listrik online.saya pilih ukuran kertas letter.setelah di print hanya memenuhi setengah dari ukuran letter dari titik pemotongan dan itu sangat mubazir,karena bisa untuk 2 rekening.jadi apakah saya harus memesan khusus untuk ukuran kertas nya?apakah ditoko2 tidak tersedia ukuran khusus tersebut..
    makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok kertas continuous form yang ada perforasinya setengah ukuran letter, jadi bisa disobek seukuran setengah letter. coba aja ditanyain di toko kertas :)

      Delete
  35. printer lq-2190 ini printer gagal dari epson, kantor saya melakukan pengadaan sebanyak 5 unit, baru 6 bulan rusak semua head sama mainboardnya.

    printer ini kurang cocok kalau disebut penerus lq-2180.

    karena printer lq-2190 ini punya kelemahan kalau rusak head maka mainboard kena, sebaliknya juga gitu kalau mainboard rusak head juga kena.

    otomatis sudah bukan printer ekonomis lagi, akhirnya kantor saya balik lagi pakai lq-2180 walaupun second tapi sudah setaun tidak masalah.

    mungkin di 2013 ini epson akan mengeluarkan printer seri diatas lq-2190 alias lq-2190 akan di diskontinue karena kelemahan diatas

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas sharingnya, kami beberapa kali juga mengalami masalah dengan printer ini.
      yg paling banyak terjadi adalah lampu pause nyala padahal tutup head tidak terbuka dan tombol pause tidak ditekan.

      semoga keluar seri yg setangguh lq2180 ;)

      Delete
    2. yups, 2180 emang bandel. tapi ane di kantor dah ada 20 unit seri 2190. sebenernya bagus sii tapi butuh perawatan extra karena seri ini bisa dibilang sensitif banget sama debu. apa lagi 2190 ada kabel yang lsg terhubung sama mainboard, jadi kalo headnya terlalu panas bisa langsung mengakibatkan shortcut ke mainboard, alhamdulillah sdh beberapa kali ane alamin, tapi ya berhubung masih garansi yang tinggal bawa ke galery epson aja. pernah juga sekali kena problem pas garansi abis, alhasil mesti ganti mainboard sekitar 900rbuan sama ada semacam socket gitu 300rb. semoga kedepannya ada printer yang sebandel 2180 dan secepat 2190. #aamii.

      Delete
  36. mau tanya ni gan, kantor aku bru mengadakan print epson lq-2190, yg jadi masalahnya kenapa waktu ngeprint yg seharusnya settingan landscape malah keluarnya potrait, pada hal settingannya udh dirubah ke landscape.. gmana tu gan solusinya . tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks dah mampir gan...
      kalo ngeprint pastikan bahwa setting internal dokumen (misalnya kalo di ms word bisa di cek di file>page setup) posisi kertasnya udah landscape. trus pada waktu ngeprint, cek juga di printer properties settingan udah landscape juga. itu yg saya tahu, barangkali bisa membantu

      Delete
  37. mau tanya ni gan, kantor aku bru mengadakan print epson lq-2190, yg jadi masalahnya kenapa waktu ngeprint yg seharusnya settingan landscape malah keluarnya potrait, pada hal settingannya udh dirubah ke landscape.. gmana tu gan solusinya . tq

    ReplyDelete
  38. mas mau nanya nich,ini baru pake LQ 2190 tp pas nyetak yang lembar kedua tuh suka nyangkut,nagh saking kreatipx utak atik itu kabel panel (kabel lebar wrn putih) terlepas,pasangnya kembali bagaimana yah...:((

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabel panel itu maksudnya flexicable yg masuk ke papan tombol on off dll itu? kalo itu, pasrahkan ke ahlinya saja hehehe

      Delete
  39. mas mau nanya ini kan baru pake LQ 2190,pada saat nyetak itu lembar pertama biasax ok nah pada saat lembaran berikutnya pasti nyangkut or tulisanx mencong sana sini, nagh masalahx saking kreatifx di utak atik,kabel headprintx lepas,pasangnya kembali bagaimana. trims atas pencerahannya.

    ReplyDelete
  40. mas, mau nanya ..

    aku pake LQ 2190, kalo mau ngeprint pake kertas A3 (pake 2 halaman kanan-kiri, bolak balik kayak koran gitu gmn ngatur settingnya yah ?

    trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pake ms word, bikin aja dokumen dengan ukuran A3 landscape, lalu pada menu format pilih column, bisa dua kolom, tiga, dst

      Delete
  41. gan mw nanya kantor saya pake LQ 2190, permasalahannya pitanya sering sobek, kadang ga jalan gitu pitanya, mohon pencerahannya gan, thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu indikasi wadah pita (cartridge) udah rusak.. di dalam cartridge tsb ada mekanisme roller yg menggulung pita masuk ke dalam, dugaan saya roller itu rusak. saran saya ganti aja cartridgenya.

      Delete
  42. mw nanya gan,saya pake LQ 2190, permasalahannya pita ribbon sering sobek, kadang sering ga jalan tuh pitanya,itu kenapa ya gan,mohon pencerahanannya,thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pita ga jalan, akibatnya bisa sobek karena permukaan pita yang diketuk oleh head printer hanya itu-itu saja.
      Itu indikasi waktunya ganti pita sekaligus cartridge-nya,karena kemungkinan yang rusak adalah mekanisme penggulung pita dalam catridgenya. jadi bukan hanya di refill saja.

      Delete
  43. Misi gan, mau tumpang tanya. saya menggunakan epsin LQ-2180, saya membuat ukuran kertas 8in x 3in. setelah saya buat, waktu di advanced option ukuran yang saya buat tidak muncul, saya coba buat ukuran dengan 8in x 6in baru muncul. yang saya tanyakan apakah ukuran kertas berpengaruh???

    ReplyDelete
    Replies
    1. agan membuat ukuran kertas barunya di mana?
      soalnya saya buat di control panel->printer->server properties pada windows xp, berhasil.
      trus, kalo yg agan maksud itu ukuran kertas 8in x 13in (ukuran folio), ada ukuran defaultnya: German Legal Fanfold

      Delete
  44. Pak Samsul, perbedaan dari seri LQ-2190 dan LQ-2090 apa ya .. sy nanya Eyang gugel kok blum ada ayat yg tersirat sampai sekarang.. mohon petunjuknya. Terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sendiri juga belum pernah lihat yg LQ 2090, apalagi membandingkannya head to head hehe :-)

      Dengan melihat spesifikasinya di situs Epson, kayaknya hampir mirip. Kecuali, LQ-2090 lebih banyak built-in font-nya

      Delete
    2. bedanya LQ-2190 dan LQ-2090 terdapat pada cartridge ribbon nya..

      Delete
    3. terima kasih penjelasannya :)

      Delete
  45. ukuran kertas 14 7/8" x 11" itu apa namanya mas ?
    trims.

    ReplyDelete
  46. BOS mau tanya , aku pake lq2190 klu cara seting ukuran kertas utk cetakan rekening gmn ya?

    ReplyDelete
  47. pa syamsul, saya di kantor pake epson LQ 2190,
    driver sudah saya instal, dulu bisa ngeprin kok sekarang ga bisa ngeprin ya....

    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharusnya ada indikator pada lampu printernya, lampu apa saja yg mati atau nyala.
      atau ada notifikasi pada layar komputer mengenai error tersebut. coba anda post di sini indikasi dan notifikasi tersebut siapa tahu saya bisa bantu

      Delete
  48. salam kenal mas,,,
    Saya punya printer LQ-2190 ketika pertama dinyalakan bunyi BIP 5x lampu semua kedip-kedip itu knp mas....
    mkasih mas

    ReplyDelete
  49. printer LQ-2190 ga mau ngeprint dan ada peringatan communication error dan print fail...mohon solusinya gan..tks

    ReplyDelete
  50. Gan saya mau tanya, saya memakai epson lq 2180 padahal bulan" kemarin saya pakai mencetak oke-oke saja,waktu kemarin saya cobak cetak kok terdengar suara tit tit tit berulang-ulang,dan hasil cetak muncul huruf tidak jelas,,ada apa ya gan??apa pengaruh RAM komputer?saya coba restat komputer dan saya coba lagi, tetapi tetap begitu terus sampai berkali-kali dan akhirnya saya menyerah. mohon pencerahannya gan.

    ReplyDelete
  51. Gan saya mau tanya, saya memakai epson lq 2180 padahal bulan" kemarin saya pakai mencetak oke-oke saja,waktu kemarin saya cobak cetak kok terdengar suara tit tit tit berulang-ulang,dan hasil cetak muncul huruf tidak jelas,,ada apa ya gan??apa pengaruh RAM komputer?saya coba restat komputer dan saya coba lagi, tetapi tetap begitu terus sampai berkali-kali dan akhirnya saya menyerah. mohon pencerahannya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pengalaman saya menggunakan epson lq2180, error yang mungkin bisa terjadi pada printer ini adalah karena tidak bagusnya koneksi kabel. jadi saran saya:
      1. cek kabel yang menghubungkan komputer dengan printer (biasanya kabel LPT atau kabel paralel), amankan koneksi di printer (ada kunci semacam kawatnya) dan komputer (biasanya ada mur panjang untuk menguncinya).
      2. coba kabel tsb di printer lain apakah lancar,
      3. coba periksa colokan di komputer (LPT) barangkali ada pin yang patah

      Delete
  52. edan printer lq2190 bikin pusing.........lampu indikator LOCK nyala trus di PAUSE..ampun DJ

    ReplyDelete
  53. Gan mohon pencerahannya gimana cara rubah setting printer to draft secara permanen, soalnya saya gunakan printer ini untuk output SAP

    ReplyDelete
    Replies
    1. di panel depan ada tombol-tombol, paling kiri adalah tombol FONT.

      untuk mengubah DRAFT menjadi bukan DRAFT:
      tekan tombol FONT tersebut beberapa kali sehingga lampu indikator font (jejer 3 buah) menyala SELAIN urutan ini: mati, mati, nyala -> yang merupakan indikator font DRAFT terpilih (lihat keterangan di panel printer: hitam berarti mati, hijau berarti nyala)

      Delete
  54. agan2 yang smart abis ane punya masalah nih, udah setahun ini ane pake lq-2190 tapi habis itu vakum kurang lebih tiga bulan, pas mau pake lagi tahu2 lampu panel tidak nyala sama sekali walaupun arus listrik masuk, dipake ngeprint gak jalan2 mohon pencerahannya, hatur nuwun

    ReplyDelete
  55. Mau tanya dong, bgmn cara mematikan Lampu Tear Off/Bin LQ 2180? mohon bantuannya dong..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lampu tear off setahu saya settingnya hanya: mati-nyala untuk Bin 1, nyala-mati untuk Bin 2, dan nyala-nyala untuk Card
      Jadi nggak ada setting yg memungkinkan lampu-lampu tsb dengan kondisi mati-mati :)

      Delete
  56. tanya dunk gan!!!
    guna nya font LQ-2190 apa ya..!!
    kok gak ngefek dgn hasil print ya...mohon pencerahannya gan???

    ReplyDelete
  57. tanya donk gan...!!!
    guna font di LQ-2190 apa ya....!!!
    kok gak ngaruh sama hasil print ya!!! mohon pencerahannya gan. tks

    ReplyDelete
  58. tanya dong gak, apa guna font di LQ-2190.tks

    ReplyDelete
  59. Sore pak, mau nanya dong..
    kalo untuk minimal kertas yg support di lq-2190 itu berapa inch yah ?
    soalnya saya nyoba print report untuk tinggi 3.00 inch ga support, sedangkan dibutuhinnya segitu..
    (dalam rangka efesiensi kertas) --"
    makasih pak :)

    ReplyDelete
  60. gan ane ganti head 2190 sama 2180 kira" berpengaruh g ya gan????

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belum tahu data teknisnya, namun barusan saya coba quick survey di ebay, head lq2180 dan 2190 kok bisa saling substitusi. jadi perkiraan saya mungkin keduanya bisa saling tukar menukar head.

      Delete
  61. om, ane pake LQ-2190 buat continuous form yang 5 lembar, kalo ngeprint yang ada garis horizontalnya selalu sobek ya, padahal udah servis ganti jarum dll,apa karena setting font, pitch dan jarak head ke kertas yang salah? mohon pencerahannya,thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kertas yg sobek itu biasanya karena head terlalu dekat dengan kertas.

      tapi kalau kertasnya rangkap 5 mau ga mau resiko kertas yang paling depan jadi mudah sobek, apalagi kalo ada garis horizontal yg dicetak.

      solusinya, diatur aja jarak head dengan kertas, coba dicetak, pilih yg kompromi antara resiko kertas sobek dan hasil cetakan yg bisa ditoleransi.

      Delete
  62. mhon bantuannya gan.....
    Printer saya pada saat ngeprint dengan banyak lembar pada saat lembar ke 2 dan strusnya hasil prinannya makin turun ga sama dengan lembar pertama

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau posisi cetakan yg makin turun itu kayaknya setting panjang kertasnya waktu ngeprint keliru gan.

      saya juga pernah, jadi waktu itu saya ngeprint di kertas ukuran folio/F4 tapi waktu ngeprint milihnya ukuran legal, karena ukuran folio ga ada di setting.

      karena ukuran panjang kertas folio adalah 13 inch sedangkan panjang kertas legal adalah 14 inch, jadinya pada kertas berikutnya cetakan turun 1 inch (selisih dari ukuran kertas tadi), begitu seterusnya.

      pemecahannya, cari ukuran kertas yang sesuai, pada kasus saya tadi akhirnya saya pilih German Legal Fanfold.

      semoga berhasil

      Delete
  63. Mau tanya ni gan,
    pernah kejadian ga printer lq-2190 tidak bisa cetak kertas sama sekali??
    instal driver sudah, setting bios udah, pasang pci express to lpt port juga udah ,melalui device manager juga udah tapi tetep ga kecetak.. padahal di device printer - gambar printer aktif, tidak off :(
    itu bisa pengaruh mainboard apa engga ya?? di kantor saya pake komputer keluaran wearness, sebelumnya pake mainboard yang lama bisa sebelum akhirnya rusak dan diganti karena masih garansi.
    apa ada setingan bios yang harus diatur?? misal di irq-nya?? apa emang mainboard-nya yang ga support..
    makasih, mohon penjelasanya gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sistem operasinya apa mas? juga apa tipe prosesornya?

      denger kata irq saya jadi teringat jaman2 komputer belum plug and play dulu, kalo irq bentrok di sistem operasi ga bisa detect peralatan yg dipasang.

      karena itu saya pikir itu ada pengaruh dengan mainboard, bisa jadi mainboard yg dipake adalah model lama jaman prosesor pentium 1/pentium pro. apalagi merknya wearness, udah ga pernah denger lagi merk itu ngeluarin komputer baru.

      jadi saran saya, coba ubah-ubah aja irqnya. atau kalo nggak, jangan pake lpt yang dari pci express, pake aja yg usb ke lpt. semoga bisa

      Delete
  64. mau tanya gan.., printer epson LQ2090 semua lampu indikator nyala terus dan tanpa respon apapun, mohon pencerahannya gan.. tksih.

    ReplyDelete
  65. mau tanya gan, tuk epson LQ2090, lampu indikator semuanya nyala terus, dan tidak bisa berfungsi sama sekali, jadi mohon pencerahannya gan.. terimakasih.

    ReplyDelete
  66. cara ganti font pada printer epson LQ-2090 gimana boss?

    ReplyDelete
  67. mas bro mau tanya dong......
    klo printer lq-2190 lampu pada printer nyala semua dan pas saya restart printernya juga gga ada reaksi sama sekali itu kenapa yaa
    terima kasih sebelum nya :D

    ReplyDelete
  68. mau tanya gan, tuk epson LQ2190, lampu indikator semuanya nyala terus, dan tidak bisa berfungsi sama sekali, jadi mohon pencerahannya gan.. terimakasih.

    ReplyDelete
  69. mau tanya gan, tuk epson LQ2190, lampu indikator semuanya nyala terus, dan tidak bisa berfungsi sama sekali, jadi mohon pencerahannya gan.. terimakasih.

    ReplyDelete
  70. Bro mau tanya, tanda-tanda lq2190 rusak mainboard atau I/O bus-nya selain matot apa ya?
    thanks

    ReplyDelete

Punya opini sendiri mengenai topik di atas? Silakan tulis pada form komentar di bawah ini.